Kegiatan PPDB 2017

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Semoga kita semua diberi keselametan dan keberkahan.

Tahun pelajaran baru akan segera tiba.  Kegiatan sekolah yang paling penting adalah PPDB.  Banyak pertanyaan melalui email atau langsung ke sekolah menanyakan tentang PPDB ini.  Berikut ini akan kami uraikan tentang  PPDB 2017 tersebut.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh setiap satuan pendidikan untuk memperoleh input peserta didik sebagaimana standar yang diperlukan oleh setiap satuan pendidikan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada Lampiran Pembagian Urusan Pemerintahan Bidang Pendidikan diatur bahwa pengelolaan pendidikan menengah, merupakan urusan yang menjadi kewenangan Pemerintahan Daerah Provinsi.

Penerimaan peserta didik baru pada Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Tahun Pelajaran 2017/2018, merupakan kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

Berikut tanya jawab yang mungkin diperlukan:

Apa saja jalur seleksi untuk peserta didik baru ?
Untuk jalur seleksi terdiri dari jalur akademik dan jalur non-akademik.

Terdiri dari apa saja untuk jalur non-akademik ?
Untuk jalur non-akademik terdiri dari Afirmasi (Keberpihakan) dan Apresiasi (Prestasi).

Berapa Persen nilai untuk apresiasi siswa berprestasi olah raga, Seni, keterampilan?
10 % (sepuluh persen)

Berapa banyak quota affirmasi untuk peserta didik disabiltas?
3 (tiga) orang

Berapa jumlah Peserta Didik dalam setiap kelas SMA/Sederajat, dan SMALB ?
Untuk SMA : minimal 20 peserta didik, maksimal 36 peserta didik
Untuk SMK : minimal 15 peserta didik, maksimal 36 peserta didik.

Penyelenggara PPDB terdiri dari?
Penyelenggara Tingkat Provinsi,Tingkat Wilayah,Tingkat Kabupaten-Kota,Dan Tingkat Satuan Pendidikan.

Siapa Saja yang termasuk Panitia Pelaksana tingkat Daerah Provinsi?
KetuaSekretaris,Bendahara,Tim Audit Pengelolaan ICT,Tim Perumus Petunjuk Teknis,Tim Pengembang Sistem PPDB,Koordinator Bidang SMA, SMK dan SMALB,Komite Sekolah,Dan seluruh kepala sekolah di tiap satuan pendidikan.

Kapan kegiatan MPLS dilaksanakan ?
Maksimal 2 (dua) hari setelah masuk awal KBM tahun Pelajaran 2017/2018.

Apa saja Persyaratan untuk Calon Peserta Didik Jalur Akademik ?
1. Telah lulus dan memiliki ijazah SMP/MTs/SMPLB/Program Paket B;

2. Berusia paling tinggi 21 (duapuluh satu) tahun pada awal Tahun Pelajaran Baru;

3. Bagi Calon Peserta Didik yang mendaftar ke SMK dilengkapi dengan persyaratan khusus sesuai dengan tuntutan kompetensi yang dipilih.

Apa saja persyaratan untuk Calon Peserta Didik Jalur Non Akademik ?
1. Fotocopy akte kelahiran;

2. SKHUN atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional;

3. Surat Keterangan Tanggungjawab Mutlak Orang Tua/Wali (format disediakan sekolah, contoh format terlampir);

4. Khusus Calon Peserta Didik Jalur Non-Akademik untuk afirmasi warga masyarakat berekonomi tidak mampu, masyarakat yang memiliki MOU /dilindungi undang-undang yang berlaku.

5. Menyerahkan Surat Keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang;

6. Surat Keterangan Tanggung Jawab Mutlak pejabat yang menerbitkan surat keterangan (format disediakan sekolah, contoh format terlampir);

7. Surat Keterangan Tanggung Jawab Mutlak Orang Tua/Wali

Apa saja persyaratan khusus Calon Peserta Didik Jalur Non-Akademik untuk apresiasi prestasi siswa ?

1. menyerahkan fotocopy Sertifikat penghargaan yang dilegalisasi oleh Pejabat terkait;

2. menyerahkan Surat Keterangan Tanggung jawab Mutlak dari Pimpinan Lembaga yang mengeluarkan Sertifikat (format disediakan sekolah, contoh format terlampir).

Bagaimana Tata cara pendaftarannya ?
Pendaftaran bisa dilakukan oleh Orang Tua/Wali atau secara kolektif oleh sekolah asal, dengan membawa kelengkapan syarat-syarat yang ditentukan;
Calon Peserta Didik SMK dapat memilih 2 (dua) program keahlian (pilihan ke – 1 dan ke -2) dalam satu SMK,
atau program keahlian lain dalam bidang keahlian yang sama (pilihan ke – 1 dan ke -2) untuk 2 (dua) SMK;
Calon Peserta Didik yang sudah mendaftar, tidak dibenarkan mengubah pilihan satuan pendidikan yang menjadi pilihannya.

Bagaimana Seleksi Penerimaan di Jalur Akademik ?
Seleksi Calon Peserta Didik SMA, SMK dan SMALB dilakukan melalui pemeringkatan nilai peserta didik.Nilai Calon Peserta Didik selanjutnya diperingkat.Bagi Calon Peserta Didik yang tidak dapat diterima di sekolah pilihan ke-1, akan dilimpahkan ke sekolah pilihan ke-2.

Bagaimana Seleksi Penerimaan Jalur Non-Akademik Afirmasi masyarakat tidak mampu ?
Afirmasi kelompok masyarakat berekonomi tidak mampu yang memiliki MoU.
Bagi Calon Peserta Didik yang tidak dapat diterima di sekolah pilihan ke-1, akan dilimpahkan secara otomatis oleh system ke sekolah pilihan ke-2.

Bagaimana Proses perpindahan Peserta Didik Baru ?
Perpindahan Peserta Didik antar sekolah dalam Kabupaten/Kota atau antar Kabupaten/Kota dalam satu Wilayah Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan (BP3) hanya boleh dilakukan apabila di sekolah yang menjadi tujuan pindah terdapat kekurangan kuota/daya tampung ditetapkan oleh Kepala BP3 yang bersangkutan.Perpindahan Peserta Didik antar Wilayah BP3 antar Provinsi dan dari sekolah Luar Negeri ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi atas rekomendasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.Perpindahan Peserta Didik dari Sekolah Internasional ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi, setelah lolos tes kecocokan di sekolah yang dituju.Proses perpindahan Peserta Didik dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-perundangan.Daftar nama Peserta Didik pindahan yang sudah ditetapkan Kepala Sekolah, diumumkan melalui papan pengumuman dan/atau website sekolah, serta website Dinas.Perpindahan Peserta Didik dari satu sekolah ke sekolah lain pada SMA, SMK, SMALB, SMA Terbuka dan SMK PJJ tidak dipungut biaya apapun.

Apakah saat Penerimaan Peserta Didik Baru dipungut biaya ?
Pada saat pendaftaran, dan daftar ulang di sekolah negeri, calon peserta didik baru tidak dipungut biaya.

Apa website pendaftaran?

http://ppdb.jabarprov.go.id

Bagaimana langkah-langkah pendaftaran?

1. Siapkan semua dokumen diantaranya Kartu NISN,  Kartu Peserta USBN,  Akte Kelahiran,  Kartu Keluarga,   SKHUN, Surat Keterangan Mutlak orang tua pakai meterai dan ditandatangani.

2. Scan dokumen akte kelahiran,  kartu keluarga,  SKHUN,  Surat Keterangan Mutlak.

3. Siapkan dokumen lainnya (bila ada) sebagai pendukung.

4. Jika berkas sudah siap semua dan file scan sudah siap baru buka website ppdb.jabarprov.go.id (jika berkas belum siap jangan dulu daftar). Pada tanggal 6-10 Juni 2017 jalur non akademik atau tanggal 3-8 Juli 2017 silahkan akses internet boleh dimana saja. Boleh daftar sendiri oleh anak dengan orang tua di rumah atau kolektif di sekolah asal (SMP asal).

5. Pengisian data harus benar.  Nilai SKHUN harus sesuai,  lokasi rumah yang diisikan pada website harus sesuai dengan KK.

6.  Yang harus diisikan yaitu:

Nama

NISN

Jenis Kelamin

Tempat Tgl Lahir

Asal Sekolah

Lulusan Tahun

Agama

Alamat Orang Tua

RT/RW

Provinsi

Kab/Kota

Kecamatan

Desa/Kelurahan

Nama Orang Tua

Pekerjaan

HP

Agama Orang Tua

Pilihan Sekolah 1:

Kab/Kota

Nama Sekolah

Pilihan Sekolah 2:

Kab/Kota

Nama Sekolah

Nilai UN:

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

Matematika

IPA

Lokasi Calon Siswa:

Longitude

Lanitude

Klik Ambil dari peta, cari lokasi rumah sesuau KK, klik lokasi yg tepat.

Unggah administrasi persyaratan yg sudah disiapkan file pdf: akte kelahiran, KK, SKHUN, Surat keterangan mutlak orang tua

7. Cetak hasil pendaftaran.

8. Bawa berkas-berkas ke SMA Pilihan untuk diverifikasi.

9. Tunggu pengumuman dari provinsi.

Pengumuman non akademik tgl 16 Juni 2017

Pengumuman akademik tgl 10 Juli 2017

Jadwal Penting

Pendaftaran Jalur Non Akademik 6-10 Juni 2019

Pengumuman Jalur Non Akademik  16 Juni 2017

Daftar Ulang Jalur Non Akademik 3-8 Juli 2017

 

Pendaftaran Jalur Akademik 3-8 Juli 2017

Pengumuman Jalur Akademik 10 Juli 2017

Daftar ulang jalur akademik 11-13 Juli 2017

 

Pergub_PPDB_16-2017

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*